View My Stats

My Yahoo Messenger

laurentius_h@yahoo.com

Selasa, 17 Agustus 2010

Tips Mendeteksi Kesehatan Kelinci Melalui Kotorannya

Selain berguna sebagai pupuk, kotoran kelinci juga bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi kesehatannya. Apakah anda pernah melihat kotoran kelinci anda berubah menjadi cair dan berbau, berlendir seperti jelly, atau tiba-tiba ukuran kotorannya berubah menjadi lebih kecil dari biasanya?. Pernahkah kelinci anda mengalami kondisi demikian yang pada akhirnya berujung pada kematiannya?

Ada beberapa fakta yang patut kita ketahui untuk mendeteksi kesehatan kelinci melalui kotorannya.
Fakta yang pertama adalah; kelinci merupakan hewan yang rakus. Hampir seluruh hijauan di sukai kelinci dan sialnya justru ini yang sering menyebabkan kematiannya. Tapi saya juga perlu tegaskan sifat rakus pada kelinci sesungguhnya sangat membantu para penghoby kelinci untuk lebih variatif dalam memberikan pakan, Kematian pada kelinci lebih sering disebabkan oleh pemberian makan yang tidak variatif dan cenderung sembrono. Kebanyakan mereka hanya memberikan satu jenis makanan saja, mereka lupa bahwa seperti manusia kelinci juga membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup agar memiliki pertumbuhan dan kesehatan yang baik. Saran saya adalah dalam memelihara kelinci ada baiknya untuk terlebih dahulu membaca buku tentang kelinci atau setidaknya sedikit belajar cara memberikan pakan pada kelinci dari peternak langsung.

Fakta Kedua adalah; kelinci sangat rawan dengan serangan penyakit kulit atau gangguan pada system pencernaannya. Asupan makanan yang tidak seimbang di tuding sebagai biang tingginya kematian pada kelinci. Kelinci membutuhkan sumber pakan yang seimbang antara berserat kasar maupun halus serta makanan yang mengandung konsetrat dan juga beberapa mineral lainnya. Dapat dipastikan kelinci langsung mengalami gangguan jika kita lalai dalam memperhatikan keseimbangan asupan pakannya dan disinilah letak pentingnya variasi pemberian pakan pada kelinci peliharaan.

Gangguan pada sistem pencernaan kelinci bukan tanpa sebab, di ketahui juga kelinci termasuk hewan yang memiliki system pencernaan yang rumit. Proses fermentasi pada system cerna kelinci hanya di usus besarnya saja. Jadi jika asupan kebutuhan pakan tidak seimbang dapat berakibat pada gangguan pencernaannya.

Disamping masalah pencernaan karena asupan makanan kondisi cuaca seperti curah hujan yang tinggi, angin kencang serta lingkungan penyebab stress dapat juga menyebabkan sakit kembung dan diare pada kelinci. Jadi kedua kondisi ini wajib di perhatikan oleh para penghoby kelinci agar bisa segera melakukan antisipasi. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Fakta Ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah; kelinci butuh minum. Asumsi kelinci sudah cukup mendapatkan air dari asupan pakan hijauan sangat salah. Kelinci juga butuh minum untuk membantu system pencernaan dan juga menjaga stamina tubuhnya secara alami. Baik hewan maupun manusia jika kurang mengkonsumsi air minum pasti juga akan mengalami kesulitan BAB. Oleh karena itu jika kelinci anda masih belum di beri minum secara segeralah untuk menyediakan wadah untuk tempat minumnya.

Lalu bagaimana mendeteksi kesehatan kelinci melalui kotorannya? Pertama tama mari kita cermati kotoran kelinci dari bentuk dan teksturnya.

A. Berbentuk bulat, kering, tidak berbau dan berwarna kecoklatan hingga kehitaman.
Bentuk kotoran seperti ini menandakan kelinci dalam kondisi sehat, asupan pakan yang di konsumsi cukup seimbang. Kondisi seperti ini patut untuk di pertahankan agar kelinci tetap dalam kondisi sehat dan Insya Allah dapat berkembang biak dengan baik pula.

B. Kotoran kecil, kering dan sangat keras dari kondisi normalnya.
Kotoran dengan kondisi seperti ini menandakan adanya gejala kurang baik dengan system pencernaannya. Gejala inilah yang sering di sebut sembelit pada kelinci. selain menjadi lebih kecil kotoran kelinci juga menjadi sangat kering dan keras.

Kotoran seperti ini mengindikasikan adanya proses pencernaan gerak usus yang melambat. Gerak usus yang melambat dapat disebabkan asupan makanan yang kurang serat, termakannya benda lain seperti kayu, plastic, karton dan juga bulu yang terikut pada makanan kelinci.

Pada tahap awal kelinci mulai menunjukkan nafsu makan yang menurun, hal ini disebabkan kelinci mulai merasa kenyang karena makanan yang masuk tidak sebanding dengan kotoran yang keluar. Karena gerak usus melambat efek selanjutnya perut kelinci menjadi buncit dan jika diraba akan terasa keras. Intensitas BAB kelinci menjadi semakin jarang sehingga penumpukan kotoran maupun makanan yang tidak tercerna dengan baik menjadi semakin bertumpuk.

Tahap berikutnya kelinci mulai mengeluarkan feses dalam jumlah yang sangat sedikit bahkan hanya beberapa butir feses dalam semalam. Kondisi fisik kelinci mulai melemah bahkan sama sekali tidak mau makan, perut menjadi besar dan kelinci hanya terduduk diam tanpa aktifitas. Kondisi ini sudah sangat membahayakan, jika ini tidak segera mendapatkan penanganan maka bisa berakibat pada kematian kelinci.

Tahap yang terakhir biasanya kelinci mengeluarkan Feses seperti jelly, berwarna putih keruh dan tidak berbentuk. ini merupakan reaksi alami tubuh kelinci dalam kondisi sembelit parah seperti ini. kondisi ini biasanya akan berakhir dengan kematian.

Jadi jika kotoran kelinci sudah mulai kelihatan mengecil dan jumlahnya sudah sedikit, maka segeralah untuk melakukan antisipasi dan pengobatan agar tidak berakibat pada kematian kelinci peliharaan kita. Segeralah menganti makanan dengan kandungan serat yang baik dan yang terpenting segera lakukan jadwal pemberian pakan dan memberikan variasi makanan pada kelinci peliharaan kita.

C. Cair, berwarna kehijauan atau kehitaman, dan berbau (mencret).
Bentuk kotoran kelinci seperti ini menunjukan kelinci sedang mengalami kondisi perut kembung atau diare. bentuk feses seperti ini menunjukan kelinci megkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gas dan air, serta terlalu banyak serat.

kondisi mencret tidak selamanya disebabkan karena makanan tetapi bisa juga di sebabkan karena bakteri, atau lingkungan yang mengakibatkan stress pada kelinci. Jadi selain melihat dari pola pakan yang di berikan perlu juga di perhatikan hal lain penyebab diare bagi kelinci. Khusus dalam Artikel ini saya hanya Fokus pada pola pemberian pakan saja.

Kelinci berumur kurang dari 3 bulan biasanya sangat rawan diare, seperti sedikit saya singgung di atas bahwa kelinci merupakan hewan yang rakus. anak anak kelinci pada umur kurang dari 3 bulan biasanya memiliki nafsu makan yang sangat luar biasa, hal ini dikarenakan mereka sudah tidak mendapatkan air susu induknya sehingga mulai sering merasa lapar. Kondisi ini sangat baik jika kita mampu memanfaatkannya dengan memberikan pakan yang seimbang dan pola makan yang baik, sebaliknya jika kita pandai pandai memanfaatkan situasi ini maka anak-anak kelinci akan mengalami kematian.

Diare pada kelinci karena biasanya mereka terlalu banyak makan makanan yang terlalu banyak mengandung air dan juga jenis tanaman yang berongga pada batangnya. Sebenarnya jenis makanan seperti ini masih dapat di berikan dalam jumlah terbatas dan dalam kondisi layu serta di berikan pada waktu siang hari. Kelinci biasanya sangat menyukai jenis makanan seperti ini karena mudah untuk di kunyah dan dingin di dalam perut.

Pemberian pakan yang terlalu banyak mengandung air dalam jumlah besar mengakibatkan diare karena di dalam perut kelinci makanan ini akan lebih banyak menghasilkan gas dan berakibat pada proses pencernaan yang tak sempurna. Kondisi feses biasanya berangsur angsur melunak dan jika pakan tidak di hentikan atau sudah terlanjur di berikan dalam jumlah banyak biasanya kelinci akan mati.

kelinci yang mengalami diare menjadi tidak bergairah, lemas dan matanya sayu menahan sakit. Kotorannya mengotori bulu sekitar kemaluan,anus, ekor dan tubuh bagian belakangnya. Kebersihan dan perhatian ekstra perlu anda berikan pada masa seperti ini. kebersihan kandang perlu di jaga dan sebaiknya kelinci segera di karantina.

Sejujurnya diare pada kelinci cukup sulit untuk di obati, tetapi dengan pemberian pakan yang baik tidak perlu khawatir kelinci mengalami gangguan diare. Ada beberapa langkah tradisional yang dapat kita lakukan ketika kita menemukan kelinci dalam kondisi seperti ini :
1. Segera hentikan pemberian pakan yang berpotensi sebagai penyebab diare.
2. Berikan obat diapet (obat diare pada manusia) pada kelinci, tetapi jika kelinci masih mau makan berikan beberapa pucuk daun jambu biji.
3. Berikan antibiotik alami seperti perasan kunyit yang di berikan langsung ke mulut kelinci dengan menggunakan Pippet atau suntikan tanpa jarumnya.
4. Berikan rumput dalam kondisi layu (beberapa peternak biasanya memberikan rumput kering atau pelet saja).
5. Jika diare di sertai kembung anda dapat mengurut perut kelinci secara perlahan dengan menggunakan parutan bawang putih dan minyak angin.

D. Bertekstur bulat lunak dan menggumpal seperti anggur (Cecotropes).
Jenis Feses seperti ini agak jarang terlihat dan biasanya di keluarkan kelinci pada malam hari. Jenis Feses ini di sebut cecotropes, merupakan feses yang mengandung Vitamin dan kaya nutrisi yang baik untuk kelinci. Feses seperti ini akan langsung di makan kembali oleh kelinci karena secara naluriah kelinci mengetahui feses ini baik untuk kesehatannya terutama untuk menjaga keseimbangan pencernaannya.

105 komentar:

Wesly mengatakan...

mo nanya bos, kalo kelincinya perutnya buncit (bukan karena hamil) karena apa?
Tapi dia tetap seperti biasa, ceria, loncat2, lari2 dan tetap gesit. kotorannya juga tidak kering (tapi karang besar-besar) dan tidak lembek... matanya gak sayu. bulu ekornya bersih, tapi perutnya buncit... indikasi apa ya?

Dunia Kelinci mengatakan...

Buat om Gospel...
wah kalo informasinya seperti itu agak susah juga ya om (perutnya buncitnya seberapa besar??), tapi kalo di tempat kami jika ada kelinci yang "kondisinya" tidak seperti biasanya, kami usahakan untuk di tempatkan di tempat yang agak lapang atau di halaman untuk beberapa waktu. Tujuannya agar kelinci terangsang untuk bergerak,cara ini cukup membantu mengembalikan staminanya.
Kelinci hamil gak seperti kucing/anjing yang perutnya bisa menjadi sangat besar ya om...nah kelincinya om bagaimana???, sudah berapa lama perutnya membesar? umur berapa? biasanya di beri pakan apa?
maaf ya om informasi kondisi kelincinya gak jelas sih ...takutnya salah kasih treatment nih...

Anonim mengatakan...

kelicni saya kotorannya berubah menjadi lebih kecil dari biasanya
kalo yang seperti itu kenapa yah?

Dunia Kelinci mengatakan...

Anonim berkata...
kelicni saya kotorannya berubah menjadi lebih kecil dari biasanya
kalo yang seperti itu kenapa yah?

coba bantu jawab ya...
1. Lepaskan kelinci di halaman selama 3-4 jam, kalo bisa lapangan berumput ya...
2. Coba di cek kembali selama beberapa hari terakhir di beri makan apa?
3. Urut perlahan bagian perutnya selama beberapa menit, sesuaikan kekuatan pengurutan dengan umur kelincinya.
4. Beri madu atau air gula merah pada air minumnya
semoga bermanfaat ya....

Anonim mengatakan...

Kelinci saya mini fuzzy lop umur 2 bulanan, br plihara 1 mingguan. 3-4 hari ini di bag bawah mulut, leher & kaki depan basah terus & berbau. Bbrp kali kami coba bantu keringkan tp kembali basah lagi. Dia jadi pendiam, nafsu mkn agak kurang. Kotoran banyak (kadang bergumpal kadang besar2), lunak & berbau. Selama ini kami bri makan pelet & hay, tapi saat ini peletnya kami hentikan dulu jadi hanya makan hay & minum air. Knapa ya dia & apa yg hrs dilakukan? Mohon sarannya ..

Dunia Kelinci mengatakan...

Kelinci saya mini fuzzy lop umur 2 bulanan, br plihara 1 mingguan. 3-4 hari ini di bag bawah mulut, leher & kaki depan basah terus & berbau. Bbrp kali kami coba bantu keringkan tp kembali basah lagi. Anonim berkata...
Kelinci saya mini fuzzy lop umur 2 bulanan, br plihara 1 mingguan. 3-4 hari ini di bag bawah mulut, leher & kaki depan basah terus & berbau. Bbrp kali kami coba bantu keringkan tp kembali basah lagi. Dia jadi pendiam, nafsu mkn agak kurang. Kotoran banyak (kadang bergumpal kadang besar2), lunak & berbau. Selama ini kami bri makan pelet & hay, tapi saat ini peletnya kami hentikan dulu jadi hanya makan hay & minum air. Knapa ya dia & apa yg hrs dilakukan? Mohon sarannya ..

Jawab:
semoga belum terlambat ya....
kelinci tersebut terserang flu/pilek yang di tandai basah pada bagian hidung, mulut, dada dan kaki bagian depan. penyakit ini biasanya meyerang pada kelinci yang memiliki kandang dan makanan yang kurang baik.
kandang yang kurang baik bisa jadi karena sirkulasi udara yang tidak baik, jarang di bersihkan atau kurang terkena sinar matahari.
pakan yang kurang baik bisa di sebabkan kurangnya variasi makanan pada kelinci (hay memang di perlukan bagi kelinci tetapi hijauan rumput, umbi-umbian dan juga sayur sangat penting). saran saya beri pakan rumput dan wortel untuk mengembalikan staminanya dahulu. air minum dapat di tambahkan probiotik atau gula merah.
Pengobatan dapat menggunakan limoxin 200 LA (silahkan lihat keterangan penggunaan /dosisnya)
semoga membantu..

fatimah rabbit lovers mengatakan...

padahal udah kubilang begitu ke ayahku!tetep gg percaya!.

Dunia Kelinci mengatakan...

fatimah rabbit lovers berkata...
padahal udah kubilang begitu ke ayahku!tetep gg percaya!.

selamat siang....
he he he....jangan marah dong...
btw kelincinya dah baikan? buruan aja di suntik biar cepet sembuh dan yang pasti kebersihan kandang dan pola makannya harus di benahi ya...

Anonim mengatakan...

Kelinci saya biasa saya berikan makan bekatul dicampur wortel dan pelet ..kadang juga saya kasih apel ato pisang ato hay .. Namun beberapa kali saya lihat makanannya tdk habis saya bingung mau kasih campuran makanan apa lagi ya yang sehat .. Takutnya kelinci saya bosan dengan jenis makanan itu itu aja .. Mohon saran ya utk jenis makanan lain yang di gemari kelinci namun tetap sehat

Dunia Kelinci mengatakan...

Anonim berkata...
Kelinci saya biasa saya berikan makan bekatul dicampur wortel dan pelet ..kadang juga saya kasih apel ato pisang ato hay .. Namun beberapa kali saya lihat makanannya tdk habis saya bingung mau kasih campuran makanan apa lagi ya yang sehat .. Takutnya kelinci saya bosan dengan jenis makanan itu itu aja .. Mohon saran ya utk jenis makanan lain yang di gemari kelinci namun tetap sehat

Jawab:
wortel dan bekatul sudah cukup bagus, kalo apel dan pisang sebaiknya agak dihindari aja ya....
mengenai hay sudah ok, tapi saya sarankan lebih banyak dikasih rumput segar ya (sudah dilayukan).
soal makanan biasanya kelinci cukup variatif, bisa dikasih hijauan/sayur, ubi jalar, jagung muda. saya sendiri dikandang juga menghindari pemberian bekatul yang di campur air karena bersifat basah dan mudah basi setelah beberapa jam, tapi jika terpaksa di beri sebaiknya segera buang sisa bekatul tersebut agar tidak dimakan oleh kelinci pada saat kelaparan. Jika ingin praktis bisa lakukan seperti jadwal saya di kandang:
Pagi :
Pelet kelinci (bisa pake campuran bekatul/dedak + wortel yang sudah di parut /blender)
Siang :
Hijauan (rumput, sayuran, wortel, ubi)
sore:
Pelet kelinci

semoga membantu ya....

dicka mengatakan...

sudah dua hari kelinci saya gak mau makan ni mas.. kotorannya berlendir dan hitam agak kecoklatan. dah gitu banyak diamnya dan sering membungkuk, padahal baru 4 hari saya memeliharanya dan saya sering membiarkan kelinci keluar kandang di pagi dan sore hari. sebelumnya makanan yang saya kasi kangkung, wortel, jagung, bayam. pernah juga saya kasi rumput tapi kog dia macem gak nafsu gt makannya ya mas?

perutnya dah kempes mas.. saya bingung,, saya suguhkan sayur di mulutnya pun,, dia cuma mencium aja. ogah mangan..

mohon dijawab ya mas..

Anonim mengatakan...

Bos,nanya ya: ak pelihara fluffy ud 1 tahun 1/2 tapi beberapa bulan belakangan ini daya makan dia menurun, badannya jd kurusan dan kl dipegang tulang terasa banged. Kl HAY dia ga makan krn emang dari dulu ga dikasih. Ttg kotoran ak liat ada biasanya normal tapi kadang ada yg ampe belepotan ama ekornya itu jd bkin pantat dia kotor. air kencing kuning dan bau lalu mencret seh ga keliatan.

Dia ak pelihara dalam kamar krn ak kost. Untuk kandang ak bersihin 1 bulan sekali dan juga lapisan bambunya. Matahari?? dia ga dapat. Gmn bos?? bantu agar dia gemuk dan cara penangananya. terima kasih

Stefina Nathania mengatakan...

Kelinciku (jenis dutch) kotorannya kering, tidak berbau, pokoknya yang tandanya sehat itu dehh,, tapi kok di kotorannnya ada bulu2nya yah, makanan sehari2 : wortel (selalu dikasih, tiap hari), bayam, kangkung, timun, tomat, dan sawi... btw, rumput apa yg boleh dikasih? bekatul itu apa? (sori bnyk nanya hhe :D)... akhir2 ini buku kelinciku itu pada rontok, karna moulting, trs bulu2nya pada terbang2 kemana2.. apa mungkin bulunya dimakan yah? bohon bantuannya tnx..

Helm Miring mengatakan...

mas, mo nanya dikit..
klo tiba" perut kelinci besar seperti busung, diluar ukuran normal,,dan kelinci pun sulit untuk berjalan..
itu kenapa dan apa obatnya?

Helm Miring mengatakan...

mo nanya ni mas..
kenapa, kelinci saya tiba" perutnya membusung dan mengeluarkan suara yang seperti bersin?..

Anonim mengatakan...

mau nanya nih mas..
kelinci saya masih 2,5 bulan..
selama ini gak pernah dikasih rumput, hanya pelet dan dedak..
untuk camilannya buah apel..
dan kotoranya kayak anggur dan lembek..
apa ini berbahaya?

Anonim mengatakan...

Saya mau tanya,kelincin saya brp hari ini fesesx jd lembek dan berukuran lbh besar dr biasax,apa bnr kelinci saya mengalami kembung n diare?kl iya bgimn ya cara mengatasix?saya bingung hrs mengatur pakannya,sya cb ksh pelet tp mereka tdk tll suka n lbh memilih sayur2n.tlg masukannya ya...terutama bgimn menjadwal jenis pakannya yg baik krn saat ini mereka berumur jalan 3 bln jd sdg rakus2x...trims...

Anonim mengatakan...

Mas, kelinci saya setelah seminggu dibeli entah kenapa telinganya turun satu, kejadiannya itu sekitar dua hari setelah ganti pakan (saya kasih pelet saja soalnya nggak punya banyak waktu) dan dua minggu setelah itu saya beri pelet bermerek himalaya, fesesnya jadi sedikit dan ada bau pesing. Tadi kelincinya saya lepas, dan ketika masuk kandang lagi, fesesnya menggumpal dan ada busanya. kira kira kenapa ya ?
Terima kasih

Unknown mengatakan...

mas aku mw tanya. beberapa hari terakhir kotoran kelinci ku g berbentuk bulat,bentuknya g rata dan sedikit meruncing ujungnya, tapi makan tetap lahap dan sangat lincah.
apakah kotoran seperti itu wajar atau ada gejala sakit lainnya? tlg di jawab ya mas.
makasih

Anonim mengatakan...

Mas kelinciku jd pendiam dan males malesan aja.. Trus jd sering gali2 tanah gitu, kenapa yaa?

Unknown mengatakan...

Kelinci sayaa,feses ΩƔɑ̤̥̈̊ berbentuk anggur lembek gt.saya kira sakit,saya kasi minum diapet.saya gaak ♏ªªüüü,,, kehilangan kelinci sayaa,bubu udh pinter banget..

Unknown mengatakan...

Kelinci ku dikasih makan pelet dan suka minum air putih yg bnyak. Terkafang suka habis 1lt. Apa itu sehat??

Unknown mengatakan...

Kelinci ku dikasih makan pelet dan suka minum air putih yg bnyak. Terkafang suka habis 1lt. Apa itu sehat??

Unknown mengatakan...

om mw tanya cara mengatasi kelinci diare itu gmn ? sebelumnya makasih

Anonim mengatakan...

mas kelinci saya BABnya berwarna merah trus lembek,kalo kayak gitu dia kena penyakit apa ya dan harus di kasih obat apa???

Unknown mengatakan...

kak kelinci saya kotorannya basah hitam dan cair ada juga yang seperti anggur itu kenapa yah kak ap itu diare aku harus kasih obat ap dan dosis nya

teuku farhan mengatakan...

Om...napa ndak pernah dijawab lagi seh...padahal sangat membantu kita yg punya hobbi sama...terima kasih....

Anonim mengatakan...

Kak tolong dijawab dong. Jawabannya amat sangat membantu rabbit lovers.

Unknown mengatakan...

Mau nanya gan, saya pelihara kelinci sudah 2 minggu tp baru2 ini ada yang aneh dengan kotoran dan kencing nya kotoran nya terlihat lebih besar dan kencing nya berwarna putih susu tp agak kekuningan sedikit, n nafsu makan nya pun menurun,itu kenapa ya gan dan bagaimana cara menangani nya..?

Anonim mengatakan...

Mau tanya, saya punya bayi kelinci umur baru 2 minggu dan induknya mati. Terus saya ganti dengan susu kucing, nah bayi yg 1 sepertinya pupunya encer, bau dan berwarn kuning. Itu kenapa ya? Makasih

Unknown mengatakan...

Mau nanya dongg. Saya kan baru beli kelinci. sementara ini saya masih taruh dia di kardus. saya lambarkan dengan kertas koran bawahnya plastik. Setiap kali dia pipis saya selalu ganti. Tapi kelinci saya selalu nginjek2 pipisnya sampe kakinya basaahh dan jelek. Bagaimana cara membersihkannya? Soalnya takut2 dia sakit

Anonim mengatakan...

Mau tanya apakah kangkung bagus untuk kelinci yg masih kecil? Soalnya setelah saya beri makan kangkung, air kencingnya berubah menjadi putih susu.

Unknown mengatakan...

Tolong bantu saya kelinci saya unurnya 1thnnan dia lemas, ga mau makan dan mengelurkan lendir kaya jelly.. Kira" knp ya? Dan gmn cr mengobatinyamohon info

Unknown mengatakan...

klinci saya poopnya bulat, wrna kehijau-hijauan, & berbau.. apkah itu sehat y....??

Anonim mengatakan...

Kelinci saya setiap pagi maunya di beri rumput, peletnya gamau dimakan, tidak apa apa? Sedangkan saya baca jadwalnya makan pagi itu pelet.

Membuat pakan fermentasi mengatakan...

Apakah komposisi pakan untuk semua jenis kelinci sama gan (misalnya hias sama pedaging} .trims

Unknown mengatakan...

Kelinci saya koq ususnya keluar yaaaa.. tapi aktivitasnya normal koq...g ky kelinci sakit. .koq bisa yaaa???

Unknown mengatakan...

Biasabya itu cm karena kelincinya rakus. Aku juga ada kelinci kaya gitu,dia rakus bgt perutnya kaya lg hamil tapi tetep sehat dan makan muli

Anonim mengatakan...

Misi mau numpang tanya...
Kalo pup kelinci berwarna hijau,berlendir,banyak,dan berbau itu kenapa yah? Makannya sih normal,saya kasih kangkung,sawi,wortel dan air.kelincinya juga aktif,tapi matanya agak sayu.itu kenapa ya? Mohon infonya gan/sis..

Anonim mengatakan...

Misi mau numpang tanya...
Kalo pup kelinci berwarna hijau,berlendir,banyak,dan berbau itu kenapa yah? Makannya sih normal,saya kasih kangkung,sawi,wortel dan air.kelincinya juga aktif,tapi matanya agak sayu.itu kenapa ya? Mohon infonya gan/sis..

Unknown mengatakan...

Pak mau tanya dong kok taik kelinci nya seperti jelly tetapi berbentuk dan gx bau.

Unknown mengatakan...

mas/mba, saya mw tanya,,
akhir2 ini kelinci saya sering rontok bulu nya (jenis anggora)
saya kasih makanan berupa pelet (vitamaxx) ini periode ke 2 saya kasih makan itu
awal2nya seperti cocok untuk si kelinci, apalagi untuk bulunya yang menjadi megar/bagus
nah pada periode ini bulu nya mulai rontok,, pada makanan sebelum (lain) nya juga begitu pas mencoba ingin menetap kan makanan yg ccocok (rontok,pipisnya juga bau,).
sekarang ini aku perhatikan si kelinci pas lagi dilepas sekilas melihat pantat/dubur nya memerah, pup nya bulat2 lengket agak lendir, pipisnya agak agak mengental, itu kelinci ku kenapa ya mas/mba?
terimakasih sebelumnyaa

Unknown mengatakan...

Mas saya mau tanya
Saya punya kelinci,tapi selalu saya taro dalam rumah berserta kandangnya,tapi setiap pagi dengan waktu secukupnya saya taro luar (saya jemur)
Pendapatnya gimana?

Ads mengatakan...

Misi saya mau tanya
Saya baru beli kelinci kemarin, sampai dirmh kelincinya diem aja tpi klo dikasih makan mau,pas saya lepas diluar dia lari2an, tapi sekarang diem lagi padahal saya lepas.
Apa itu ciri dia sakit? Atau dia stress?
Mohon dibalas...

Unknown mengatakan...

Mau tanya nih, kan saya baru beli kelinci kecil mungkin usianya 3bulan perutnya tuh buncit terus agak keras dan kotoranya sih normal normal aja dan tingkahnya juga gak seperti kaya sakit. Itu gpp kan?

Aqil mengatakan...

Mau bertanya, kelinci saya sedang hamil. Tapi kemarin terkena hujan, dia sekarang jadi lamban jalannya, soal kotorannya masih normal, dan dia masih suka makan seperti biasanya. Itu bagaimana ya ?

Aqil mengatakan...

Mau bertanya, kelinci saya sedang hamil. Tapi kemarin terkena hujan, dia sekarang jadi lamban jalannya, soal kotorannya masih normal, dan dia masih suka makan seperti biasanya. Itu bagaimana ya ?

Tyanda Ayu mengatakan...

Kak, kelinci aku kandangnya kan besi. Takut kakinya luka, aku kasih alas kardus. Tapi dia makanin terus kardusnya. Kelinci bisa sakit ga sih kak kalo makan kardus?

Kelvin Permana Saputra mengatakan...

Kak, kelinci saya buang airnya bentuk gumpalan warna coklat kemerahan seperti ati. Dan banyak darah diseputar anusnya. Apakah itu tanda menstruasi bagi kelinci atau penyakit?

Anonim mengatakan...

Sy mau nanya..kelinci sy sedang hamil tapi kok malas makan ya dan malas jg minum..kira2 kelinci sy knp..mohon bantuannya,trima kasih

Anonim mengatakan...

Sy mau nanya..kelinci sy sedang hamil tapi kok malas makan ya dan malas jg minum..kira2 kelinci sy knp..mohon bantuannya,trima kasih

Anonim mengatakan...

Mau tanya klu fases kotoran nya sprt anggur itu biasa bau atau nga bau ya? Terima kasih....

Anonim mengatakan...

Mau tanya klu fases kotoran nya sprt anggur itu biasa bau atau nga bau ya? Terima kasih....

Anonim mengatakan...

Klu bs diksh kain aja tatakan nya sis... Tp setau saya si kardus yg dimkn biasa akan keluar lg melalui fases nya...

story market mengatakan...

Kelinci sy suka tomat tapi dia baru sembuh dari diare bolehkah diberi tomat?

Unknown mengatakan...

Mau nanya kalo untuk pemberian makanan kelinci yg baik bagaimana ? Kelinci saya tidak buang air besar dri smlam, tapi untuk makanannya lahap sekali, trs kalau d lepas masih aktif bergerak loncat sana sini

Unknown mengatakan...

Bro kalo air kencing kelinci ane kok warna nya keruh tapi gk kentel itu knp ya??

Unknown mengatakan...

gimana cara sembuhin kelinci sembelit sedangkan kelinci nya lagi susah disuruh makan -,-

Koplak mengatakan...

Kelinci ku karena dari kecil di urus dalam rumah,sifatnya jd kayak kucing,kapan saya/keluarga pulang bawa kantong plastik dan bunyi kresek dia langsung datengdia kira makanan,trus yg bikin seneng,dia makannya juga gak susah,apa yg kami makan dia mau,nasi,roti,tahubahkan jajan anak pun dia suka,minum kopi pun dia mau,paling suka dia makan nasi kl dicampur kuah....aman gak ya,karena sejauh ini dia sehat2 aja dan kotorannya juga seperti ciri2 yang pertama

Unknown mengatakan...

Mau Tanya, kelinci Ku baru berumur sekitar 2bulan..sekitar 2 hari lalu ak kasih wortel(biasanya makan pelet dan rumput kering saja)..keesokan harinya kelinci pup lembek tp msh berbentuk, berwarna hijau dan berlendir..nafsu makan berkurang dan terlihat murung..a pak ah dia diare?dan obat apa yg bs Saya berikan sebagai pertolongan pertama? Terima kasih

Unknown mengatakan...

Mau tanya, kalo kelinci perutnya bunyi itu kenapa ya? Tapi dia fesesnya bagus, aktif gerak juga, makan lancar. Apa karna saya kasih minum? Dia suka bgt minum

Unknown mengatakan...

Ihhh sama kaya kelinci saya yg dulu saya piara masih sd, dia juga saya kasih minum susu dancow, doyan tempe. Ya mirip deh pokoknya. Awet sih waktu itu, meninggalnya gara2 keujanan, saya lupa waktu itu terus koreng gitu :(:( terus mati :"(

Dita mengatakan...

Halo semua sptnya adminnya udah gak aktif lagi. Kalo kalian perlu info dan tanya2 ttg kelinci, follow IG @temankelinci. Disitu lengkap bgt info apapun ttg kelinci kalian.

Dita mengatakan...

Halo semua sptnya adminnya udah gak aktif lagi. Kalo kalian perlu info dan tanya2 ttg kelinci, follow IG @temankelinci. Disitu lengkap bgt info apapun ttg kelinci kalian.

Citra mengatakan...

Ka mau nanya kelinci saya ko pipis nya warna kuning tapi kaya kentel gitu knpa ya ? Apa karna salah ngsh makan atau gimna ? Soalnya saya hanya kasih makan pelet sm wortel kmren ..
Mohon pencerahan nya dongg , agar cepat di tindak lanjuti

Citra mengatakan...

Ka mau nanya kelinci saya ko pipis nya warna kuning tapi kaya kentel gitu knpa ya ? Apa karna salah ngsh makan atau gimna ? Soalnya saya hanya kasih makan pelet sm wortel kmren ..
Mohon pencerahan nya dongg , agar cepat di tindak lanjuti

Unknown mengatakan...

Mungkin kembung karena makanan yg diberikan itu mengandung gas seperti sayur kangkung dan jenisnya yg berbambu

Unknown mengatakan...

Nanya dong, kelinci saya pipisnya warna merah, terus gak BAB uda lebih dr 24 jam, itu kenapa ya? Katanya kalau air pipisnya warna merah itu wajar krn makan wortel, tp masa iya gak BAB :(

Unknown mengatakan...

Sdh dewasa kah mbk kelinci nya,,,, Mnta kawin itu mbk

Randi april lando mengatakan...

Pak saya mau konsultasi mohon maaf sebelum nya. Saya kan baru adopsi kelinci, dan pakan selalu standby yaitu wortel dan kangkung. Kira2 gimana pak, aman atau tidak untuk kelinci saya. Mhon masukan nya. Tq

Unknown mengatakan...

Kenapa perut kelinci saya bunyi seperti orang sakit perut?

Nabilla A mengatakan...

Mas kenapa ya kelinci holland lop saya itu pendiem gt gakaya kelinci biasanya, tapi kalo saya lepasin dr kandang dia lari2 gt heboh. Trs mas nafsu dia makan kurang jd paling sekali2 g maruk kaya kelinci biasany, trs sekali2 kadang saya kasih apel tp dia g makan cm awal aja pas baru bawa k rmh dia makan. Btw ini day 2 dia d rmh saya mas. Sy beli dr breeder sy pgnny ngebiasain dia supaya makan hay dll ky apa yg seperti sy baca d artikel2, tp yg susah krn mungkin sm peternakny kebiasaan d ksh pelet jd takutnya pasti susah kl d kasih hay ato d ganti sm pelet yg lbh bagus. Tolong bantuannya mas makasih.. pgn buluny jd lebat yg paling penting nafsu makanny jd bagus, apakah saya kasih vitamin ato ada cara yg lbh aman selain d ksh vitamin, trms

Unknown mengatakan...

Om kelinci saya kemarin habis makan kresek dikit , alhamdulillah sekarang masih sehat tapi takutnya nanti terjadi apa", antisipasi & penanganan gimana kalo kelinci saya sakit grgr mkan kresek ?

Unknown mengatakan...

Mau nanya master kelinci saya beranak 6 dan seketika umur 7hari anak nya pada mencret .padahal induk nya tidak mencret .solusinya gimana ya mohon pencerahan nya

Unknown mengatakan...

Mau nanya master ko anak kelinci saya umur 3hari selalu mati semua, padahal dari induk yang berbeda, dan waktu beda pula, mohon pencerahan nya master.... Teimakasih

Unknown mengatakan...

Mas,mau nanya nih.kelinci saya kok ngk ngeluarin pupnya seharian ya mas???itu knpa ya mas?..kira" umurnya msh 2bln kebawah mas..biasanya dia lebih suka mkn kangkung di banding wortel..

Unknown mengatakan...

Balas dong mas..saya takut kelinci knpa knpa :(

Unknown mengatakan...

sudah dua hari kelinci saya mau makan mas tapi badanya lesu bgt.. kotorannya berlendir dan hitam campur darah. dah gitu banyak diamnya dan sering membungkuk, padahal dah lama saya memeliharanya dan saya sering membiarkan kelinci keluar kandang setiap hari. sebelumnya makanan yang saya kasi makanan faforitnya wortel, daun ubi jalar yang saya tanam khusus, dan tomat 4 buah sewaktu saya tinggal pergi keluar kota.

perutnya dah kempes mas.. saya bingung,, saya suguhkan sayur di mulutnya pun,, dia cuma mencium aja. ogah mangan..

mohon dijawab ya mas..

Unknown mengatakan...

sudah dua hari kelinci saya mau makan mas tapi badanya lesu bgt.. kotorannya berlendir dan hitam campur darah. dah gitu banyak diamnya dan sering membungkuk, padahal dah lama saya memeliharanya dan saya sering membiarkan kelinci keluar kandang setiap hari. sebelumnya makanan yang saya kasi makanan faforitnya wortel, daun ubi jalar yang saya tanam khusus, dan tomat 4 buah sewaktu saya tinggal pergi keluar kota.

perutnya dah kempes mas.. saya bingung,, saya suguhkan sayur di mulutnya pun,, dia cuma mencium aja. ogah mangan..

mohon dijawab ya mas kalau sampai kelinci saya mati berarti kita juga yang dosa... kasian liatnya... gmana kalau diibaratkan kita yang kaya gitu....

uki stiker mengatakan...

SAYA MAU NANYA
KELINCI SAYA NGGAK MAU MAKAN DAN DIDALAM KANDANG TETAP SERASA NGGAK MAU BERGERAK CUMAN DIAM DI TEMPAT GAK SEPERTI BIASA DULU DIA SELALU BERGERAK
TETAPI SEKARANG IA CUMAN DIAM TERUS DAN GAK BERGERAK.DAN KOTORANNYA BULAT TAPI ADA AIR TAPI BERLENDIR !!
INFONYA MAS

Anonim mengatakan...

Kak mau nanya kenapa kelinci saya di daerah sekita tengkuk itu bulunya seperti basah terus kulitnya jdi keliatan ya pdhl tidak saya mandikan..itu penyakit kulit ato apa kak? Mohon dibant jwb ya

Unknown mengatakan...

Mau tanya nih kelinci saya umur 2.5 bulan dicoba dikasih makan bekatul ko gak mau ya tapi kalo dikasih pelet kelinci dia mau..mohon infony

Unknown mengatakan...

Kalo air minum nya di kasih madu atau gula emang gaada efek samping nya om?

Unknown mengatakan...

Coba di variasikan dalam makananya om,

Unknown mengatakan...

Sedikit membantu kalo cara saya mas dengan memberi minyak ikan pada wortel di oles secukupnya saja, supaya kembali nafsu makanyaa

Unknown mengatakan...

Coba ganti kandang nya pake yang besi supaya bisa di jemur kelinci nya dan sirkulasi udara teratur

Udyn mengatakan...

Kelinci saya jenis rex, kotorannya lembek terus uda beberapa hari ini. Makannya tetep rakus,bAgaimana mengatasi kotorannya agar normal kembaki

Unknown mengatakan...

Maaf mau tny jadi si kelinci ususnya keluar gimana skg, kmrn kejadian yg sama pd kelinci saya. Sy gk ada dokter hewan daerah sini. Tolong info please

Ilma nazhila beauty tips mengatakan...

Kak kenapa ya kelinci aku menghentak kan kaki belakangnya setiap sebelum dia menghentak kan kaki nya itu perut nya bunyi kak? Itu knp? Dan kejadian baru pertama kali saya alami , apa itu tandanya ya kak? Plisss kasih tau aku pentinhhh bangeeettt kak

Unknown mengatakan...

Kelinci saya kurang nafsu mkn
Puup nya mencret dan kaya ada jelly nya
Bgaimn penanganannya

Maria mengatakan...

Bayi kelinci berumur 10 hari kotorannya berwarna kuning encer, tidak mau menyusu ke induknya, apa ya solusinya? Badannya dr br lahir sampai sekarang ketinggalan dr saudara2nya..kecil dan kurus, bulunya br sedikit yg tumbuh

Maria mengatakan...

Bayi kelinci berumur 10 hari kotorannya berwarna kuning encer, tidak mau menyusu ke induknya, apa ya solusinya? Badannya dr br lahir sampai sekarang ketinggalan dr saudara2nya..kecil dan kurus, bulunya br sedikit yg tumbuh

Maria mengatakan...

Bayi kelinci berumur 10 hari kotorannya berwarna kuning encer, tidak mau menyusu ke induknya, apa ya solusinya? Badannya dr br lahir sampai sekarang ketinggalan dr saudara2nya..kecil dan kurus, bulunya br sedikit yg tumbuh

Maria mengatakan...

Bayi kelinci berumur 10 hari kotorannya berwarna kuning encer, tidak mau menyusu ke induknya, apa ya solusinya? Badannya dr br lahir sampai sekarang ketinggalan dr saudara2nya..kecil dan kurus, bulunya br sedikit yg tumbuh

Unknown mengatakan...

Kenapa ya? Kelinci saya bab'nya putih berlendir dan berbusa, dan bagaimana menanganinya dan apa obatnya? Tolong masukanya

Unknown mengatakan...

Malem,kelinci saya fuzzy lop.usia 2 bulan saya baru merawatnya 2 minggu,minggu pertama saya kasih pelet namun kelinci saya merasa lemas,jadi saya ganti makanannya pakai kangkung dan wortel di selingin gitu tapi suka masih di kasih pelet,hari pertama di kasih kangkung kelinci saya lari larian lagi tapi hari hari berikutnya jadi pendiam,perut buncit,kotorannya menempel pada bulu bulunya,dan bulu bulunya mulai tak berarturan.itu kenapa ya?

Unknown mengatakan...

Masalah kandang,kelinci saya saya biarkan berkeliaran di dalam rumah dan di taman rumah.

Unknown mengatakan...

Mau nanya dong, kalo kelinci feses nya lembek cair tpi gabegitu cair eh tpi malah dimakan sm kelincinya ,itu kenapa yaa?

Unknown mengatakan...

kak kelinci saya kayak.mencret gt trs di perutnya kayak ususnya klr gt se senti lah kira kira itu knp yah kak

Unknown mengatakan...

kak mohon bantuannya kak kelincisaya masih kecil trs mencret mencrwt trs banyak lagi trs di perutnya kayak ada ug klr gt aku kira sih ususnya soalnya agak panjang gt.itu kenapa yah kaka btw aku dah bersiin kelinciku soalnya tainya ke badan2

Unknown mengatakan...

Kalo kelinci gw beol keluar ee yg lunak dan bulat terus ada cairan bening panjang betul habis dibersihin malah gak ada tenaga kelincinya... kenapa ya :(

Anonim mengatakan...

Kk, saya mau nnya. Kelinci saya air kencing nya tu berbusa gtu dan yang satu lagi kuning(ntah kencing ntah tai nya)

Unknown mengatakan...

Saya mau nanya, kelinci saya saya kasih makan wortel dan seledri doang setiap hari nya apa itu bagus? Dan hari ini seharian dia gada BAB itu kenapa ya?

Unknown mengatakan...

Saya mau nanya, untuk kelinci saya ada 2 pasang, 1 warnanya putih 1nya hitam
Dan yang hitam ini sering banget habis makan BAB(tapi cair gitu) dan saya baru pertama kali nya memelihara nya. Dalam kondisi yang pernah kena hujan malam. Tolong dong bantu saya . Saya sangat panik 🙏🏻

Anonim mengatakan...

Kak gimana cara agar kelinci tidak ee anggur? Soalnya suka ke injek dan bau banget

Racun Semut

Racun Semut
Ini dia racun semut paling ampuh karena membunuh semut dalam satu koloni. Sangat direkomendasikan untuk mengatasi gangguan semut di rumah maupun kandang kelinci. Ayo buruan pesan di jamin gak akan kecewa dengan hasilnya.

Kandang anakan lepas sapih

Kandang anakan lepas sapih

Anak-anak kelinci

Anak-anak kelinci

Anakan Anggora dan Gibas

Anakan Anggora dan Gibas