View My Stats

My Yahoo Messenger

laurentius_h@yahoo.com

Kamis, 04 November 2010

Harga Sebuah Waktu

Sejujurnya tulisan ini sama sekali gak ada hubungannya dengan "Dunia Kelinci" di blog ini, tapi saya merasa perlu untuk menuliskan bagi diri saya pribadi agar selalu ingat betapa "waktu" merupakan harta yang paling berharga dalam kehidupan saya.

Masih teringat sekali betapa jengkelnya saya ketika ayah membangunkan saya pagi-pagi di hari libur sekolah. Saat-saat yang pantas dijadikan pelampiasan kepenatan dan merupakan waktu yang tepat untuk bermalas-malasan tanpa kegiatan yang "melelahkan". Ayah saya hanya bilang "Apa pantas waktu itu hanya di habiskan untuk tidur dan terbuang percuma?". Arrrrgggghhh......, dengan bersungut-sungut akhirnya bangun juga.

Kini setelah berkeluarga baru saya rasa betapa banyak waktu yang sudah saya buang dengan percuma, rasanya sayang sekali. Penyesalan adalah akhirnya, seandainya dulu saya begini atau begitu mungkin saya memiliki kehidupan yang lebih baik lagi. Nah loh....ungkapan seperti ini setidaknya barangkali pernah terucap atau terlintas di pikiran kita. Jadi...???? masih mau tenggelam dalam penyesalan...??

"Time Is Money" suatu ungkapan yang cukup sering kita dengar, jika kita di minta memberikan harga pada waktu yang kita miliki berapa harga yang pantas untuk 1 jam waktu kita?. Beberapa orang mampu menghasilkan uang dengan nilai ratusan ribu bahkan puluhan juta di setiap jamnya, tapi bisakah waktu di beli dengan uang? Dapatkah waktu di beli dengan harga ratusan juta bahkan lebih untuk memperpanjang umur seseorang barang satu jam saja? contoh lainnya adalah bagaimana seorang penjaga gawang menahan tendangan penalti, jika ia terlambat sedetik saja menahan tendangan bola lawan tentu akibatnya sangat besar bagi teamnya. Luar biasa...betapa mahalnya waktu walau sedetik.

"Waktu tidak akan pernah kembali" berapa banyak orang yang menyesali diri karena tidak memanfaatkan waktu hidupnya dengan baik? berapa banyak pelajar yang menyesali diri karena tidak meluangkan waktunya untuk belajar menghadapi ujian, berapa banyak orang tua yang menyesali diri karena tidak meluangkan waktu melihat pertumbuhan anak-anaknya, berapa banyak orang yang menyesali diri karena tidak meluangkan waktu untuk berolah raga sehingga mengakibatkan sakit-sakitan. Jadi ...jangan pernah habiskan waktu untuk hal yang sia-sia.

Bukan waktu yang mengatur kita, tapi kita yang harus mengatur waktu. Keegoisan kita seringkali mengelabui kita dalam mengatur waktu, akibatnya beberapa hal yang sepatutnya bisa kita selesaikan pada hari yang sama justru harus tertunda di hari esok. Kebanyakan kita menjalani keseharian hanya dengan mengalir saja tanpa rencana pasti, atau istilah kerennya tanpa Visi dan Misi. Ibarat kapal berlayar tanpa tujuan, bergerak hanya mengikuti arus yang membawanya. Di sinilah titik di mana kita menyalahkan "Nasib" sebagai biang kegagalan hidup.

Waktu adalah Kesempatan. Beberapa orang yang ingin memiliki usaha atau ingin menjadi enterpreneur seringkali terjebak oleh modal materi. Tapi sesungguhnya modal yang paling berharga dan paling utama untuk menjadi enterpreneur adalah waktu. lho kok...?
Buat apa modal besar tapi tidak punya waktu untuk menjalankan usaha? Modal besar masih bisa di cari dengan cara hutang, pinjaman di bank baik dengan anggunan maupun tidak, tapi kita tidak bisa hutang waktu, atau mengajukan pinjaman waktu atau bahkan membeli waktu. Kesempatan yang ada saat ini tidak akan pernah kembali di kemudian hari apalagi saat kita sudah memiliki modal yang cukup nantinya.

" Mari mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri dan dari hal yang paling kecil"

2 komentar:

qrueger_X9 mengatakan...

saya sangat setuju dengan apa yang anda posting meskipun tidak ada hubungannya dengan kelinci, tapi itu setidaknya memberi gambaran dan sikap inspirasional bagi saya yang baru belajar mengenal kelinci dan semoga bermanfaat juga bagi pembaca yang lain. Jaya terus 'Kingsrabbit'

Anonim mengatakan...

mantap
sebuah renungan yang patut utk semua,.

Racun Semut

Racun Semut
Ini dia racun semut paling ampuh karena membunuh semut dalam satu koloni. Sangat direkomendasikan untuk mengatasi gangguan semut di rumah maupun kandang kelinci. Ayo buruan pesan di jamin gak akan kecewa dengan hasilnya.

Kandang anakan lepas sapih

Kandang anakan lepas sapih

Anak-anak kelinci

Anak-anak kelinci

Anakan Anggora dan Gibas

Anakan Anggora dan Gibas