View My Stats

My Yahoo Messenger

laurentius_h@yahoo.com

Senin, 08 November 2010

Cara Menyuntik Kelinci (Injeksi Subkutan Pada Pengobatan Scabies)

Scabies merupakan penyakit kulit pada hewan (kelinci, kucing, kambing, babi dan sapi) yang di sebabkan oleh tungau (kutu) yang sangat kecil yang berukuran 0,2 -0,4 mm. Tungau sarcoptes hidup di bawah permukaan kulit dengan membuat saluran-saluran dan lubang untuk meletakkan telur-telurnya. Setelah bertelur beberapa kali, tungau betina mati.telur-telur tersebut akan menetas dalam waktu 3-8 hari dan menjadi larva yang berkaki enam. Selanjutnya larva ini akan terus tumbuh dan menjadi nimfa yang berkaki delapan. Nimfa yang sudah dewasa akan berganti kulit menjadi tungau dewasa. tungau betina akan bertelur sepanjang hidupnya. Tungau dewasa melakukan perkawinan dan proses daur hidup berulang kembali. Satu siklus hidup memerlukan waktu 2-3 minggu.

Scabies dapat di hindari dengan menjaga kebersihan dan sanitasi kandang yang baik. Namun apabila hewan peliharaan sudah terlanjur terkena scabies sebaiknya segera di lakukan pengobatan karena tungau ini dapat berkembang biak dengan sangat cepat. Pengobatan pada hewan peliharaan dilakukan hingga tungau dan telur-telurnya hilang/mati. Pengobatan yang tidak sempurna hanya mematikan induk sarcoptes tetapi tidak telur-telurnya, jadi pengulangan pengobatan pada jangka waktu tertentu sangat di anjurkan.

Pengobatan dapat di lakukan dengan 2 cara yaitu dengan menggunakan salep atau dengan injeksi, bisa juga dengan kedua duanya. Penggunaaan salep dapat langsung di oleskan pada kulit yang terkena scabies, namun sangat dianjurkan salep ini di campur dengan minyak kelapa agar obat benar benar bisa masuk ke pori-pori/ lubang yang di buat tungau sarcoptes. pengobatan dilakukan pagi dan sore hari selama 3 hari berturut-turut. pengulangan pengobatan dapat di lakukan 5-7 hari kemudian. Bulu hewan peliharaan dapat di cukur pada bagian yang terkena scabies untuk memudahkan pengobatan.

Pengobatan dengan cara injeksi merupakan pengobatan yang membutuhkan ketrampilan khusus pemelihara. Kesalahan injeksi pada hewan peliharaan dapat berakibat fatal bagi hewan peliharaan. Kematian pada hewan peliharaan biasanya di sebabkan infeksi pada bekas luka suntikan. Perlu di perhatikan bahwa suntik/injeksi pada hewan bisa di lakukan di bawah kulit atau di dalam daging. Dalam kasus scabies injeksi biasanya pengaplikasiannya dilakukan di bawah kulit (subkutan).

Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan penyuntikan (injeksi subkutan);

1. Pastikan jarum suntik yang di gunakan tidak berkarat dan tumpul.
2. Gunakan dosis sesuai takaran cara pakainya.
3. Sebaiknya hindari pengobatan jika hewan peliharaan dalam keadaan hamil/bunting.
4. Pengobatan hanya di lakukan pada hewan peliharaan yang cukup umur.
5. Daging hewan dapat di konsumsi setelah 3 minggu pengobatan di hentikan.
6. Hindari penggunaan pada anjing dari Ras Collie.

Jika hal tersebut sudah di laksanakan, maka pengaplikasian injeksi subkutan dapat di lakukan dengan cara;

1. Bersihkan/ potong bulu di sekitar tengkuk hewan peliharaan untuk memudahkan penyuntikan.
2. Bersihkan daerah sekitar yang akan kita suntik dengan alkohol
3. Untuk hewan kecil seperti kelinci dan kucing dapat di "bedong" terlebih dahulu agar tidak meronta/ mencakar.Biasanya di lakukan jika hewan peliharaan tidak jinak, liar atau menggigit.
4. Tarik ke atas bagian kulit tengkuk dengan cara seperti mencubit. lakukan dengan tangan kiri dengan posisi sejajar dengan kepala dan ekor. tarik hingga terangkat sekitar 2 cm dari dagingnya.
5. Masukan jarum suntik hingga ke bawah kulit (sekitar 1 Cm) pada bagian yang kita tarik tadi dan jangan mengenai daging. Lakukan dengan tangan kanan dengan posisi sejajar dengan kepala dan ekor. Posisi jarum tidak tegak lurus (vertikal) tetapi sejajar (horisontal) di bawah kulit.
6. Suntikan obat sesuai dengan dosisnya. Jika posisi jarum tepat di bawah kulit biasanya obat yang di injeksikan mudah keluarnya, tetapi jika posisi jarum masih di kulit atau di dalam daging biasanya obat akan sedikit terhambat keluarnya.
7. Bersihkan bekas suntikan dengan alkohol.

Penyuntikan yang tepat tidak akan menimbulkan luka infeksi pada daging maupun kulit hewan peliharaan. jika terjadi luka /koreng pada beberapa hari setelah penyuntikan segera lakukan perawatan agar tidak menjadi infeksui sehingga resiko kematian bisa di minimalisasi. Sebenarnya penyuntikan/ injeksi ini sangat mudah di aplikasikan dan hanya butuh kebiasaan saja untuk bisa benar benar mahir.

Efek dari pengobatan secara injeksi akan terlihat antar 3-4 hari pasca penyuntikan yang di tandai dengan rontoknya scabies pada bagian yang terserang. Pengobatan sebaiknya di lakukan kembali setelah 10-14 hari kemudian. Pengobatan bisa di lakukan setiap 3 bulan sekali atau jika ada tanda-tanda tungau scabies mulai menyerang.

22 komentar:

ecko mengatakan...

kelinciq kena pnyakit ap ya, ad kudis d.kuku2ny,trus di kaki, bahkan ditelinga,,???
pengobatanny gmn???
mtur nwun

Dunia Kelinci mengatakan...

ecko berkata...
kelinciq kena pnyakit ap ya, ad kudis d.kuku2ny,trus di kaki, bahkan ditelinga,,???
pengobatanny gmn???
mtur nwun

mas Ecko...,
makasih sudah mampir ya...
kalo informasinya sepenggal seperti itu susah juga sih mas diagnosanya, tapi...sebagai pencegahan sebaiknya kebersihan kandang harus di jaga. kalo scabies (ini penyakit paling umum pada kelinci)juga menyerang tempat tempat seperti itu, biasanya jika sudah parah pada bagian tersebut akan terjadi penebalan (permukaan kulit berubah menjadi seperti bonggol jagung yang sudah di rontokkan bijinya). kulit kelinci yang terkena scabies terasa sangat gatal. jadi kalo gejalanya seperti yang saya sebutkan, untuk sementara bisa coba di kasih salep SCABICID atau di suntik Wormectin.
biasanya setelah di suntik atau di beri salep scabies akan rontok sekitar 3 hari sesudahnya.
semoga kelincinya cepat sembuh ya..., harus segera di obati karena scabies sangat cepat berkembang dan menular ke kelinci lainnya bahkan ke pemelihara.

Abu Syafwan mengatakan...

kepromec oral ampuh mengatasi scabies, furmate dan semua yg diakibatkan oleh internal dan eksternal parasit. cukup diminumkan harga lebih murah.

Retsky Muse mengatakan...

hai.aq retsky.aq punya kelinci skitar umur 4bulanan.skrg dy lg sakit.bagian kuping nya kya berkerak putih dan jd merah dan luka skrg.tolong ksh tau apa obatny dan dapat dibeli dmana? bagian mata kelinci jg sama sebelah kanan.kelopaknya merah dan rada besar.untuk pembasmi kutu pada kelinci bgaimana cranYa dan obat dpt dibeli dmana? terima kasih.tolong jawaban secepatnya

Dunia Kelinci mengatakan...

Retsky Muse berkata...
hai.aq retsky.aq punya kelinci skitar umur 4bulanan.skrg dy lg sakit.bagian kuping nya kya berkerak putih dan jd merah dan luka skrg.tolong ksh tau apa obatny dan dapat dibeli dmana? bagian mata kelinci jg sama sebelah kanan.kelopaknya merah dan rada besar.untuk pembasmi kutu pada kelinci bgaimana cranYa dan obat dpt dibeli dmana? terima kasih.tolong jawaban secepatnya
-----------------------------------
Hai Retsky.....
dari cerita Retsky diatas kemungkinan kelincinya terkena scabies,jika kondisinya sudah parah sebaiknya segera diberi pengobatan suntik wormectin dan pengobatan luarnya menggunakan salep scabicid. Setelah 3-7 hari scabies akan rontok. Serangan scabies dapat berulang jika pengobatan tidak tuntas dan dapat mengakibatkan kematian kelinci. sebaiknya kebersihan kandang juga diperhatikan ya... Untuk obatnya bisa di beli di petshop dan scabicid bisa di beli di apotik, jika kesulitan untuk mendapatkan obatnya silahkan menghubungi kami. Semoga membantu

Dunia Kelinci mengatakan...

Abu Syafwan berkata...
kepromec oral ampuh mengatasi scabies, furmate dan semua yg diakibatkan oleh internal dan eksternal parasit. cukup diminumkan harga lebih murah.

-----------------------------------
Dear pak Abu....
terima kasih sudah mampir dan ikut meramaikan..., apa kabarnya, bagaimana dengan perkembangan kelinci di Sumatra?

Abu Zahra mengatakan...

asskum.

pak mohon info, kalau mau beli wormectin dan scabicid berapa estimasi harga dan apakah ada di apotik.

Terima kasih dan salam,

Abu Zahra

Dunia Kelinci mengatakan...

Buat pak Abu Zahra...
wormectin bisa dibeli di toko hewan/ternak.Sedangkan scabicid dapat dibeli di apotik. Untuk harga bervariasi pak yang jelas cukup murah (tidak lebih dari Rp. 50.000).
semoga membantu.....

indras mengatakan...

kalo menyuntik wormecitin saat kelinci hamil berbahaya atau tidak?

Anonim mengatakan...

kelinci saya dalam kupingnya kaya korengan. sepertinya scabies ya? saya bawa ke dokter hanya dibersihkan lalu diberi obat tetes antibiotik saja. di daerah saya jarang ada klinik khusus kelinci. lalu beli salep scabicid itu dimana ya? thx

Dessy

nurdiyanto mengatakan...

terimakasih untuk informasinya... saya memang sedang mencari info tentang cara pengobatan pada kelinci yang sakit, kebetulan kasusnya sama dengan kasus pada kelinci saya, malahan nafsu makan nya turun drastis.. kasian banget kelinci saya, sudah 2 minggu lebih...

Anonim mengatakan...

kalo anakan kelinci boleh g di suntik ???soalnya kupingnya berdarah dan agak kasar,,dulu indukan juga gt,,,dan ternyatascabies,,

makasih

Dunia Kelinci mengatakan...

indras berkata...
kalo menyuntik wormecitin saat kelinci hamil berbahaya atau tidak?

sebaiknya kelinci hamil dihindari untuk di berikan suntikan, antisipasi untuk menghindari trauma ataupun gangguan kehamilan...

Dunia Kelinci mengatakan...

Anonim berkata...
kalo anakan kelinci boleh g di suntik ???soalnya kupingnya berdarah dan agak kasar,,dulu indukan juga gt,,,dan ternyatascabies,,

makasih

14 Februari 2012 17:54


Jawab.
untuk anak kelinci bisa diberikan obat scabies yang di campur pada minuman, sedangkan penyuntikan lebih aman jika di lakukan pada kelinci dewasa

Anonim mengatakan...

Mas Laurent aku pnya kelinci umur skitar 7 bulan kena scabies obatnya apa selain d suntik ? Yg gampang di dapat obatnya..mohon sarannya..

Zamzami mengatakan...

Mas Mau nanya, Aku punya kelinci anakan 3 ekor, umurnya baru 4 mingguan, kayaknya terkena scabies, tertular induknya, soalnya induknya pas hamil mau q suntik takut stress. mas punya saran obat yang diminumkan buat anakan itu namanya apa??

makasih ditunggu balasannya.

Anonim mengatakan...

saya niatnya mau beli kelinci skitar 15 ekor untuk indukanya, bsa gak kita pesen di king rabit, tapi daerah saya di lombok....

Anonim mengatakan...

kalo kena scabies coba pake minyak tawon atau pake wormectin. Kalo mw beli di sini website http://cibitungknowing.com/wormectin/

Meivy Helen mengatakan...

Mau tanya dnk kelinci sya ada benjolan dibawah dagunya, tuhkena penyakit apa dan gmn cara mengobatinya ?

Citra mengatakan...

Klo setelah disuntik membendung sedikit itu kira2 sukses nggak yah penyuntikannua?

khaizul ma'ali mengatakan...

mohon jawabannya saya mahasiswa farmasi sedang mengerjakan skripsi mau tanya , skripsi saya menggunakan hewan uji kelinci dan akan dibuat infeksi bakteri dengan disuntik secara intrakutan , kalo intrakutan cara penyuntikannya gmn ya > makasi

Lidia Rotua mengatakan...

da yg punya solusi g..klinci w umur ny skitar 7bulan ..2 hr lalu w bawa k dokter hewan yg ada d petshop krn kaki ny jamuran n da bekas luka yg udh kering. sampai d petshop, dokter lgsung suntik dy n kaki yg ada bkas lukanya d semprot antiseptik. abs d suntik, keadaan masih normal. sejam kmudian d mandikan d petshop itu..tp pas d mandiin dy jerit2 ksakitan. sampai drumah klinci w lemas..2:kaki depannya selalu menjulur ksamping n kpalanya sering d lantai..sampai hr ini ud h 2 hr. kl da yg tw knp n gmn solusinya, DM w tunggu.mksi

Racun Semut

Racun Semut
Ini dia racun semut paling ampuh karena membunuh semut dalam satu koloni. Sangat direkomendasikan untuk mengatasi gangguan semut di rumah maupun kandang kelinci. Ayo buruan pesan di jamin gak akan kecewa dengan hasilnya.

Kandang anakan lepas sapih

Kandang anakan lepas sapih

Anak-anak kelinci

Anak-anak kelinci

Anakan Anggora dan Gibas

Anakan Anggora dan Gibas