View My Stats

My Yahoo Messenger

laurentius_h@yahoo.com

Senin, 27 Desember 2010

Tips Mendatangkan Kelinci

urusan untuk memperoleh bibit kelinci yang baik bagi sebagian penggemar kelinci merupakan hal yang sulit, terutama bagi penggemar kelinci di daerah-daerah yang jauh dari pulau jawa maupun daerah yang belum ada pembudidayanya.Cara yang paling memungkinkan adalah dengan mendatangkan kelinci dari daerah-daerah yang sudah ada peternak atau pembudidayanya. Namun hal ini juga bisa dikatakan agak merepotkan bagi mereka yang belum pernah mendatangkan kelinci dari luar daerah via cargo pesawat udara.

Sekedar sharing aja agar proses mendatangkan kelinci idaman bisa sukses dilakukan dan selamat sampai di rumah, ada beberapa hal yang perlu di lakukan:

1. Belilah bibit kelinci dari peternak yang sudah terbiasa melakukan pengiriman ke luar kota/provinsi. Hal ini penting karena peternak yang belum terbiasa akan kesulitan dalam hal administrasi maupun birokrasi dan juga sistem packing kelinci.
2. Pastikan bahwa kelinci yang akan dikirimkan telah di treatment untuk perjalanan jauh. Para peternak yang biasa melakukan pengiriman biasanya akan melakukan treatment khusus pada kelinci yang akan melakukan perjalan jauh. Sebaiknya seminggu sebelum pengiriman kelinci dilakukan treatment mulai dilakukan.
3. Hindari pengiriman pada siang hari untuk menjaga kondisi kelinci tetap prima, sebab pengiriman yang dilakukan pada siang hari cukup beresiko terutama pada saat kelinci berada pada gudang cargo yang panas.
4. Mintalah copy surat karantina hewan dari pengirim, hal ini untuk menghindari tercecernya surat karantina pada saat pengiriman. Selain itu segeralah minta SMU (Surat Muatan Udara)pada pengirim setelah kelinci siap untuk berangkat.
5. Siapkan kendaraan penjemputan yang tertutup untuk menghindari kelinci terkena angin kencang pada saat perjalanan dari bandara menuju kandang. Kelinci biasanya agak mengalami stress dan kelelahan dalam perjalanan, sehingga sangat mudah mengalami penurunan stamina yang berakibat pada sakit yang akut.
6. Siapkan dana untuk pengambilan kelinci, seperti biaya administrasi pengambilan barang, biaya kargo, biaya karantina dan biaya pengangkutan barang.
Resminya pada saat pengambilan kelinci kita hanya perlu membayar biaya kargo,selebihnya tidak ada biaya lain. Akan tetapi biasanya ada petugas administrasi yang nakal meminta biaya yang seharusnya gratis. selanjutnya di kantor karantina hewan,kita juga tidak perlu melakukan pembayaran apapun, tapi biasanya ada oknum nakal yang meminta biaya tak resmi yang mereka sebut biaya "administrasi sukarela". Begitupula pada saat kelinci di keluarkan dari gudang, petugas gudang biasanya ada yang meminta jasa angkut barang keluar dari gudang.

Demikian beberapa point yang menurut saya perlu di ketahui penggemar kelinci pada saat akan melakukan pengambilan kelinci di bandara. Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa dengan birokrasi seperti ini memang sudah memaklumi jika ada pungutan tambahan tak resmi, sepertinya sudah menjadi rahasia umum dan tabiat bangsa ini.

Informasi ini saya berikan agar rekan rekan yang belum terbiasa juga memahami situasi seperti ini agar tidak menjadi bingung, dan kelinci bisa segera sampai tujuan dengan selamat. Pengalaman saya sebaiknya kita mengikuti saja aturan main yang resmi maupun tak resmi karena jika terhambat khawatirnya kelinci yang kita datangkan tertahan di gudang cukup lama, dan hal ini bisa mengakibatkan kematian kelinci (maklum situasi gudang biasanya panas, berisik dan ramai orang).

3 komentar:

Saskia mengatakan...

Thanks nih atas Tipsnya.

Rental Mobil Malang mengatakan...

Artikelnya sangat membantu

nanas128 mengatakan...

DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN
BONUS SPECIAL SABUNG AYAMWIN 8X .

BONUS NEW MEMBER 10%.

http://www.s128agen.club/
http://167.71.222.62/

Racun Semut

Racun Semut
Ini dia racun semut paling ampuh karena membunuh semut dalam satu koloni. Sangat direkomendasikan untuk mengatasi gangguan semut di rumah maupun kandang kelinci. Ayo buruan pesan di jamin gak akan kecewa dengan hasilnya.

Kandang anakan lepas sapih

Kandang anakan lepas sapih

Anak-anak kelinci

Anak-anak kelinci

Anakan Anggora dan Gibas

Anakan Anggora dan Gibas